Kamis, 17 Oktober 2013

Anatomi Fisiologi Jantung

ANATOMI FISIOLOGI JANTUNG


Jantung merupakan sebuah organ yang terdiri dari otot jantung dan terletak di dalam rongga dada sebelah depan ( kavum mediastinum anterior ), sebelah kiri bawah dari pertengahan rongga dada, di atas diafragma dan pangkalnya terdapat di belakang kiri antara kosta V dan VI dua jari di bawah papila mamae.
Ukurannya lebih kurang sebesar genggaman tangan kanan dan beratnya kira-kira 250-300 gram. Bentuknya menyerupai jantung pisang. Jantung terdiri atas  : Atrium dekstra, Ventrikel dekstra, Atrium sinistra dan Ventrikel sinistra ( gambar 2.1 )


Diantaranya terdapat katup-katup, yaitu :
a.         Valvula Trikuspidalis,terdapat antara atrium dekstra dengan ventrikel dekstra yang terdiri dari 3 katup.
b.         Valvula Bikuspidalis, terletak antara atrium sinistra dengan ventrikel sinistra yang terdiri dari 2 katup
c.         Valvula Semilunaris Arteri Pulmonalis, terletak antara ventrikel dekstra dengan arteri pulmonalis dimana darah mengalir menuju paru-paru
d.        Valvula Semilunaris Aorta, terletak antara ventrikel sinistra dengan aorta dimana darah mengalir menuju seluruh tubuh
Lapisan jantung terdiri atas : Endokardium, lapisan jantung yang terdapat disebelah dalam sekali. Miokardium, lapisan inti jantung yang terdiri dari otot-otot jantung. Perikardium, lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus, terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan parietal dan viseral yang bertemu di pangkal jantung membentuk kantong jantung. Diantara dua lapisan jantung ini terdapat lendir sebagai pelicin, menjaga agar pergesekan antara perikardium pleura  tidak menimbulkan gangguan terhadap jantung.
Dalam kerjanya jantung mempunyai 3 periode, yaitu : Periode kontriksi ( Sistole / menguncup ), Periode dilatasi ( Diastole / mengembang ), dan Periode istirahat ( waktu antara kontriksi dan dilatasi dimana jantung berhenti kira-kira 1/10 detik ).
Jantung dipersyarafi oleh nervus simpatikus atau nervus akselerantis untuk menggiatkan kerja jantung dan nervus parasimpatikus khususnya cabang dari nervus vagus yang bekerja memperlambat kerja jantung.
Jantung bekerja selama kita masih hidup sehingga membutuhkan makanan yang dibawa oleh darah, pembuluh darah yang terpenting dan memberikan darah untuk jantung dari Aorta asendens atau arteri koronaria. Adapun peredaran darah jantung atau sirkulasi darah yaitu :
a.       Peredaran darah kecil : dimana darah dari jantung ventrikel dekstra melalui arteri pulmonalis masuk ke paru-paru kiri dan kanan dan melalui vena pulmonalis kembali ke jantung masuk ke atrium sinistra.
b.    Peredaran darah besar : dimana darah dari jantung bagian ventrikel sinistra melalui valvula semilunaris aorta ke aorta kemudian ke arteri, arteriole dan kapiler arteri ke kapiler vena, venolus, vena kava dan kembali lagi ke jantung masuk ke atrium dekstra ( Syaifuddin, 1997, hal. 53 -58 ). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar